Inilah Kondisi Ketika Anda Mengalami Deperesi

Depresi merupakan satu kondisi dimana seseorang mengalami perasaan yang tertekan. Pada titik ini orang akan sangat sensitive, dan apa yang dipikirkannya kebanyakan adalah hal – hal yang tidak masuk akal dan mengikuti kecamuk yang ada di dalam hatinya. Tapi tahukah anda apa yang terjadi ketika Anda tengah dilanda depresi ? Sebagian orang menjadi tidak doyan makan, sehingga berat badannya menjadi turun drastic, wajahnya pun menjadi Nampak cekung dan kuyu.

kondisi pada saat depresi

Tetapi tahukah anda, ada sebagian orang justru menjadi doyan makan ketika sedang depresi? Akibatnya, tentu saja mereka ini mudah sekali menderita obesitas (kegemukan). Kalaupun dengan biasanya hanya bersifat sementara. Dengan cepat badannya akan kembali gemuk.

Tentunya ini bukan gejala yang menyenangkan. Karena kegemukan tidak hanya tak inda dipandang, tapi juga mudah mengundang timbulnya berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang sering menyertai obesitas di antaranya penyakit jantung coroner, artritis dan gout (gangguan asam urat), batu empedu, hingga kanker. Tentu Anda tidak ingin mengalaminya, bukan? Lalu bagaimana mengatasinya?

Perlunya menyadari emosi

Menurut Dr. Doreen Virtue, Ph.D., penulis buku “The Yo-Yo Diet Syndrome”, orang-orang yang menjadi doyan makan ketika depresi biasanya sering sulit menjelaskan mengapa berat badannya mudah sekali naik. Terkadang mereka jadi menyalahkan diri sendiri, mengira mudahnya terejadi kegemukan adalah akibat kurangnya kemauan untuk membentuk berat badan ideal. Namun sebenarnya, masalahnya adalah kurangnya kesadaran diri, mereka tidak menyadari apa yang mendorongnya makan begitu banyak.

  • Ciri dari orang-orang tersebut adalah:
  • Hanya kebanyakan makan di saat merasakan emosi yang kuat seperti kemarahan atau depresi.
  • Biasanya segera makan banyak sepulang kerja.
  • Cenderung makan ketika merasa bosan.
  • Di waktu depresi, mereka merasa betul-betul lapar sehingga hamper-hampir mengira dirinya kelaparan.
  • Biasanya mereka kurang nyaman membicarakan perasaannya secara terbuka

Salah satu masalah utama yang dihadapi orang semacam ini adalah selalu merasa lapar sepanjang waktu. Jalan keluar yang merelka ambil biasanya adalah selalu makan setiap kali merasa lapar. Malangnya, kerna begitu sering merasa lapar, mereka jadi terus makan dalam jumlah banyak sehingga berat badannya terus saja bertambah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *