Kunci Menghilangkan Milia, Bintil-Bintil Putih pada Kulit

 

Muncul bintil putih pada kulit? Jika iya, itu berarti kamu mengalami milia. Kondisi ini memang umumnya dialami oleh bayi tapi sering muncul juga pada orang dewasa, milia muncul pada kulit wajah sehingga mengganggu penampilan kulit.

Milia atau bintik kecil berwarna putih yang sering muncul di area pipi atas, hidung, bawah mata, dan dagu.  Kondisi ini sering dikira sebagai jerawat padahal sebenarnya berbeda. Meski kebanyakan terjadi pada bayi, bukan tidak mungkin kalau orang dewasa pun mengalaminya. Tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan milia pada kulit, yaitu :

 

Rutin Membersihkan Kulit wajah

Membersihkan kulit wajah merupakan rutinitas yang wajib dilakukan supaya kulit wajah tetap bersih bukan hanya saat milia muncul saja. Selain membersihkan wajah, cara membersihkan kulitnya pun harus diperhatikan. Gunakan pembersih wajah pada kulit, lalu pijat lembut dan bilas dengan menggunakan air yang bersih. Setelahnya, tepuk secara pelan kulit wajah supaya kering untuk membantu menjaga kelembaban kulit wajah.

Setelah kulit wajah di bersihkan, kamu bisa berendam dengan air hangat yang akan membuat pori-pori kulit, termasuk kulit wajah. Hal ini dilakukan untuk melepaskan serpihan sel kulit mati atau kotoran lainnya yang terjebak dibawah permukaan kulit.

Melakukan Eksfoliasi Kulit Wajah

Eksfoliasi merupakan teknik perawatan kulit dengan cara mengangkat lapisan sel kulit mati. Teknik ini bisa membantu kulit bebas dari iritan yang menyebabkan milia, salah satunya menjaga supaya keratin pada kulit tidak dihasilkan secara berlebihan.

Menyemprotkan Air Mawar

Air mawar merupakan air yang mengandung minyak mawar yang bisa menjadi zat anti radang jika dioleskan pada kulit. Semprotkan air mawar pada kulit sebanyak 2 sampai 3 kali sehari untuk menghilangkan milia pada kulit wajah.

Menggunakan Krim Retinoid dan Tabir Surya

Krim retinoid bisa menghilangkan milia karena mengandung vitamin A, lalu gunakan produk yang megandung retinol sekali dalam sehari. Jangan lupa juga untuk menggunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.

Tabir surya akan menyeimbangkan krim retinoid yang peka terhadap kerusakan jika terpapar sinar matahari. Keduanya dipakai untuk meringankan iritasi pada kulit yang disebabkan oleh milia.

 

Hal yang Perlu di Perhatikan Saat Menghilangkan Milia

Tips yang sudah dijelaskan diatas hanya untuk remaja dan orang dewasa saja ya, tidak untuk bayi. Sebelum mengaplikasikan masker atau bahan-bahan lainnya, jangan lupa untuk uji sensitifitas terlebih dahulu pada kulit. Hal ini untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit. Pastikan tidak menggunakan bahan-bahan tersebut pada daerah mata hingga membuat bagian mata menjadi iritasi. Jika kamu merasa belum yakin, maka konsultasi ke dokter menjadi langkah bijak yang bisa dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *