Minum Air Es Saat Hamil???

Banyak mitos sekitar kehamilan yang seringkali jadi momok untuk ibu – ibu yang tengah alami fase kehamilan, salah nya ialah mitos kalau minum es waktu hamil tidak diijinkan. Tetapi apakah benar hal semacam ini? Apakah ibu hamil bisa minum es? Atau malah hal semacam ini bisa membahayakan untuk janin yang dikandungnya? Ada pertanyaan tentang bolehkah ibu hamil minum es ini sering di tanyakan hingga jadi latar belakangnya ditulisnya artikel ini. Sesungguhnya tidaklah terlalu banyak riset yang mengulas tentang apakah ibu hamil bisa minum es atau tidak. Tetapi dari sebagian riset yang ada nyatanya tidak diketemukan efek jelek minum es waktu hamil dan tidak diketemukan ada bukti kalau minum es waktu hamil buat sistem persalinan jadi beresiko serta tidak aman.

Minuman dingin atau es begitu enak serta cocok untuk dikonsumsi terlebih dalam cuaca yang panas seperti belakangan ini. Namun apakah minum es ini aman untuk dikerjakan untuk Ibu hamil? Adakah efeknya untuk janin saat Ibu hamil minum es?

Banyak yang menyebutkan kalau janin juga akan memiliki ukuran semakin besar saat Ibu hamil minum es. Pada intinya tak ada hubungan pada seringkali minum es dengan besarnya janin. Terdapat beberapa aspek yang ikut merubah besar janin umpamanya berat tubuh Ibu yang jadi bertambah terlalu berlebih sepanjang hamil.

Bayi yang besar waktu lahir juga umumnya keluar dari Ibu yang melahirkan melalui hari perkiraan lahir sampai dua mingggu. Penyakit bawaan Ibu umpamanya diabetes gestational atau diabetes yang telah ada terlebih dulu juga merubah ukuran janin.

Pada intinya minum es waktu hamil bukanlah hal yang dilarang. Dr. Oluwole Alabi, dokter obgin sekalian peneliti dari Ajayi Crowther University mengungkap Ibu hamil malah dianjurkan untuk banyak minum. “Minum banyak air waktu hamil membawa faedah umpamanya mengurang resiko kaki bengkak, ” katanya.

Tetapi, Ibu butuh meyakinkan air dingin atau es yang dikonsumsi memanglah steril serta tidak terkontaminasi. Ibu mungkin konsumsi es batu dari air yang belum juga masak atau yang telah terkontaminasi bakteri. Hal semacam ini juga akan berisiko infeksi mengingat waktu hamil keadaan badan Ibu jadi tambah lebih rawan.

Hal-hal lain yang butuh di perhatikan waktu Ibu hamil minum air es yaitu type minuman yang diambil. Umumnya kita pilih minuman yang memiliki kandungan gula cukup tinggi umpamanya minuman dalam paket atau beli minuman fresh di tepi jalan umpamanya es buah. Hal semacam ini butuh dibatasi mengingat ada efek gula pada kehamilan.

Kandungan gula yang tinggi bisa menyebabkan kenaikan berat tubuh terlalu berlebih serta mengakibatkan komplikasi umpamanya preeklamsia. Menurut American Pregnancy Association, pemanis buatan mungkin turut merubah janin lewat plasenta hingga tidak aman sepanjang kehamilan.

Bahkan juga, konsumsi gula yang terlalu berlebih waktu hamil dapat juga beresiko periode panjang. Satu studi yang dikerjakan oleh University of Texas Medical Branch temukan kalau Ibu yang konsumsi gula terlalu berlebih waktu hamil juga akan tingkatkan resiko problem jantung pada anak dalam kandungannya di masa datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *