kerak telor 3

Resep Kerak Telor Sederhana Khas Betawi

Buat Anda yang penasaran dengan cara membuat kerak telor dan ingin menjajal membuat sendiri kerak telor di rumah, Anda bsia segera menyiapkan bahan-bahannya. Pembuatan kerak telor relatif mudah dibuat, asalkan Anda bisa menyesuaikan diri dengan langkah-langkah pembuatannya.

Perlu diketahui bahwa jaman dahulu sebelum ada wajan, kerak telor dibuat menggunakan panas dari pembakaran arang batok kelapa. Proses ini menciptakan aroma khas kelapa yang unik naboxparah.com menyediakan alternative dalam sajian kateringnya

Sekarang, Anda tidak perlu repor menyediakan arang, Anda pun bisa memanfaatkan kompor gas biasa dengan volume api kecil. Akan tetapi, jangan heran jika nanti akan tercium bau gas pada kerak telor yang Anda ciptakan, ini membuat cita rasanya menjadi kurang alami.

Anda juga akan kehilangan aroma dan cita rasa alami dari kerak telor yang Anda bayangkan. Cobalah terlebih dahulu mencicipi kerak telor yang dibuat dengan api arang, kemudian coba mencicipi kerak telor yang dibuat dengan api kompor gas, Anda akan segera menyadari perbedaannya. Maka, disarankan untuk lebih baik tetap dengan cara tradisional untuk mendapatkan aroma khas dari kerak telor.

kerak telor 3

Bahan Kerak Telor

  • beras ketan putih, dicuci bersih dan rendam terlebih dahulu selama kurang lebih tiga jam. hasilnya akan lebih bagus jika direndam semalaman.
  • telur itik
  • kelapa parut
  • bawang goreng kering siap pakai
  • ebi disangrai kemduian dihaluskan
  • Garam
  • gula pasir
  • minyak untuk menumis

Bumbu Halus

  • cabe merah keriting
  • bawang merah
  • bawang putih
  • lada
  • kencur
  • jahe

Langkah membuat kerak telor sederhana khas Betawi

Bila di atas dijelaskan cara membuat kerak telor secara singkat, berikut penjelasan detailnya. Langkah pertama ialah membuat serundeng sebagai bahan campuran dan juga bahan taburan kerak telor. Serundeng terlebih dahulu disangrai.

Setelah itu tumis bumbu halus hingga tercium aroma harum, selanjutnya masukkan kepala parut, garam, gula pasir, dan dua sendok makan ebi halus.

Masak semua bumbu dengan api sedang sambil terus diaduk sampai parutan kelapa menjadi kering dan berwarna kuning kecokelatan, serta tercium aroma harus khas serundeng, bila sudah matang, angkat, lalu sisihkan.

Kini, mulailah memanaskan wajan kecil yang berbentuk cekung. Anda mulai memproses kerak telor dengan ini. Dimulai dari menuangkan sebanyak satu sendok sayur beras ketan yang sudah direndam ke dalam wajan bersamaan dengan satu sendok sayur air ke dalamnya. Tutup wajan dan masak selama beberapa saat hingga air menyusut, sampai beras menjadi agak mengering.

Proses selanjutnya, masukkan dua sendok makan serundeng, satu sendok makan ebi halus, satu sendok makan bawang goreng, dan satu butir telur itik. Aduk secara merata sampai bercampur jadi satu, kemudian lebarkan sampai ke pinggir penggorengan, bentuk seperti telur dadar pipih tipis. Masak hingga mongering, sampai Anda juga bisa mencium aroma khas telur dadar.

Setelah nampak mongering dan tercium aroma sedap, mulailah balikkan wajn sampai posisinya tertelungkup dan adonan terbakar langsung oleh api arang. Biarkan dalam posisi tersebut elama beberapa saat sampai kerak telor berubah warna menjadi kecoklatan. Dalam proses ini, Anda tidak boleh membiarkannya terlalu lama, adonan akan gosong dan tak enak dimakan jika terlalu lama terbakar langsung oleh api arang.

Untuk melepas kerak telor dari wajan, kunakan spatula tipis. Kemudian sajikan ke dalam piring sesuai dengan ukuran kerak telor, sentuhan terakhir sebelum dinikmati ialah taburkan serundeng dan bawang goreng. Kerak telor terasa mantab dinikmati selagi masih hangat. selamat mencoba di rumah!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *